5 Trik Hemat Dekorasi Rumah Saat Lebaran

Saturday, May 20th, 2017 - TIPS

Saat berlebaran adalah saatnya berkumpul bersama keluarga tercinta. Saling temu kangen, berbagi cerita seru dan bahagia. Rumah yang rapih dan nyaman akan selalu menjadi bagian dari momen-momen yang tak terlupakan. Untuk itu, keluarga yang menjadi tempat berkumpul keluarga besar, pasti jadi tekanan tersendiri untuk mempersiapkan rumah serapih mungkin, sebagus mungkin dan seapik mungkin.

Tapi meskipun begitu, sang pemilik rumah dengan senang hati menyambut keluarga besarnya di rumah serta tetap memasak hidangan penting keluarga. Oleh karena itu, untuk menghemat dana, yuk simak tips mendekor dan menata rumah.

1. Cat dan rapihkan rumah bersama anggota keluarga

Tidak adil dong kalau hanya ibu yang repot mempersiapkan lebaran. Sang ayah dan anak-anak pun harus ikut ambil alih dalam mengurusi hal satu ini. Momen saat Ramadhan dan puasa yang paling ditunggu kan saat bisa berkumpul bersama keluarga. Nah, mengecat rumah bersama juga merupakan salah satu kegiatan yang bisa mendekatkan diri bersama keluarga. Disamping itu, mengecat rumah sendiri terasa lebih memuaskan dan lebih merasa memiliki juga pastinya akan lebih dijaga mengingat lelahnya mengecat rumah ditambah dengan mengehemat biaya untuk tidak perlu menyewa sang tukang cat. Meskipun mengecat ruamh sendiri memakan banyak waktu, oleh karena itu kegiatan ini bisa dimulai sejak awal awal bulan puasa. Tidak masalah kalau dilakukan secara bertahap atau tidak selesai dalam 1 hari. Yang utama kan momen bersama keluarganya.

2. Dekor Seperlunya

Kalau memang cat rumah Anda masih bagus, maka Anda tidak perlu mengecat ulang. Mengecat rumah adalah ritual tradisional untuk menyambut lebaran. Tapi tidak ada salahnya juga untuk menghemat pada barang barang yang masih bisa kamu pakai. Sepertinya lebaran tidak menghimbau Anda untuk boros dalam merapikan rumah. Jadi seperlunya saja dekor rumah Anda. Kalau memang cat masih bagus, jangan ditimpa dengan cat baru. Tambahkan saja beberapa foto keluarga untuk memperbaharui dinding ruang tamu. Anda juga bisa kok mengganti warna lampu, yang tadinya putih menjadi kuning.

3. Ganti Taplak Meja, Kulit Sofa serta Gordyn.

Tak perlu repot untuk membeli semua barang baru untuk lebaran yang terpenting ganti taplak meja rumah Anda, bersihkan dari segala debu. Kalau memang harus dan perlu, Anda bisa mengganti suasana rumah dengan mengganti kulit sofa. Jangan karena ingin suasana baru Anda memaksa untuk merogoh kocek yang banyak untuk mengganti perabot rumah tangga
Yang penting, pastikan di momen lebaran semua perabotan rumah Anda jauh dari debu dan kuman. Untuk Anda yang memiliki keluarga besar dan semakin besar setiap tahunnya, Anda bisa mempertimbangkan untuk membeli karpet. Duduk bersama di atas karpet bersama sanak keluarga juga momen yang tidak terlupakan dan hangat karena bisa meningkatkan rasa kekeluargaan.

4. Dekorasi Ruang Tamu

Agar nuansa lebaran semakin terasa, Anda bisa mempertimbangkan untuk membuat sendiri beberapa dekorasi untuk ruang tamu. Mulai dari pajangan kaligrafi buatan sendiri atau juga bisa membuat beberapa ornament ketupat lucu. Ini sangat disarankan bagi para keluarga yang mempunyai banyak anggota anak-anak biar mereka semakin nyaman di sana. Untuk menunjang suasana, Anda juga bisa tambahkan pajangan bunga di ruang tamu agar terlihat lebih manis.

5. Aromatherapy

Untuk menciptakan suasana yang harmonis juga penuh dengan cinta, rasanya tidak sayang kok untuk merogoh kocek sedikit untuk membeli aromatherapy di ruang tamu agar ruangan tetap terasa harum dan nyaman. Tak perlu membeli aromatherapy yang berlistrik, Anda bisa mempertimbangkan untuk membeli yang berbentuk seperti dupa atau lilin. Tapi pastikan benda ini jauh dari jangkauan anak kecil untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Selain aromatherapy, Anda juga bisa mengeluarkan pengharum ruangan yang ada di kamarmu sementara untuk mengharumkan ruangan agar para sanak keluarga nyaman berada di ruang tamu.

5 Trik Hemat Dekorasi Rumah Saat Lebaran | admin | 4.5