Biaya Saat Membeli Rumah

Biaya Saat Membeli Rumah – Biaya untuk membeli rumah tidak hanya terbatas pada jumlah harga rumah, namun ada beberapa biaya lain yang timbul dan harus dibayarkan. Dengan mengenal biaya-biaya apa saja yang harus dikeluarkan, Anda bisa membuat persiapan dana dan membuat rencana pembiayaan keuangan. Berikut ini adalah biaya-biaya yang biasanya timbul saat membeli rumah.

  • Uang tanda jadi. Pada umumnya, jumlah uang biaya tanda jadi ini ditetapkan oleh pengembang. Anda akan memperoleh formulir pemesanan unit rumah dengan skedul pembayaran tanda jadi serta biaya pelunasan untuk uang muka. Skedul pembayaran harus disetujui oleh kedua belah pihak.
  • Uang muka. Pembayaran uang muka bisa dicicil dengan skedul pembayaran tertentu. Ada baiknya, untuk pembayaran uang muka ini dilaksanakan setelah akad kredit Anda disetujui oleh bank. Bersama dengan pengembang, Anda akan menandatangani sebuah Surat Perjanjian Jual Beli (SPJB) dihadapan notaris. SPJB menyebutkan bahwa Anda akan melakukan pelunasan uang muka setelah akad kredit telah disetujui bank.
  • Biaya notaris untuk mengikat kredit secara hukum.
  • Angsuran. Perlu dicatat bahwa angsuran KPR–ditambah angsuran-angsuran lain–jangan sampai lebih dari sepertiga gaji Anda.

Urutan prosesnya berawal dari uang tanda jadi, selanjutnya tanda tangan SPJB, dan kemudian pelunasan uang muka. Bank selanjutnya akan melakukan survei mengenai penilaian aset properti untuk mentapkan harga jual serta legalitas properti. Legalitas dokumen yang dibutuhkan termasuk IMB, Sertifikat Tanah, Surat Kuasa Jual, SPPT PBB, dan sebagainya. Bank kemudian akan memberikan sebuah ketetapan mengenai kelayakan properti untuk selanjutnya melakukan proses akad kredit setelah seluruh dokumen dinyatakan lengkap. Bank kemudian memberi tahu jika masih ada dokumen yang dibutuhkan.

biaya beli rumah

Sebelum pengajuan KPR disetujui, bank akan menganalisis terlebih dahulu mengenai kemampuan Anda untuk membayar angsuran. Pada umumnya, bank akan memeriksa total pendapatan keluarga Anda dan memberikan angsuran yang  tidak melebihi sepertiga pendapatan. Verifikasi juga dilakukan dengan memeriksa saldo rekening koran selama 3 sampai 6 bulan terakhir.

Setelah semuanya sesuai, akad kredit sudah bisa dilakukan. Kemudian, Anda diwajibkan untuk membayar angsuran. Surat Pelunasan Utang akan dikeluarkan oleh bank. Anda juga akan memperoleh Sertifikat Asli Kepemilikan Unit Properti.

Demikianlah sekilas informasi properti mengenai Biaya Saat Membeli Rumah. Anda juga bisa membaca artikel properti lainnya seperti Rumah Minimalis Modern Sukaraja Residence 2 dan Konsep Desain Rumah Kost Minimalis

Biaya Saat Membeli Rumah | admin | 4.5