Cara Mengurus IMB

Cara Mengurus IMB – Sebelum anda membangun sebuah rumah idaman, masih ada satu kewajiban yang harus anda miliki, yaitu IMB (Izin Mendirikan Bangunan). Surat IMB dikeluarkan oleh instansi berbentuk dinas yang berlokasi di wilayah pemerintah tingkat kota bagi setiap rencana kegiatan untuk pembangunan rumah baru, rehabilitasi atau pun renovasi.

Mengurus IMB ada baiknya direncanakan juah sebelum kegiatan pelaksanaan pembangunan, sehingga nantinya tidak berbenturan dengan peraturan-peraturan yang ada. Ketidaklengkapan dokumen property tentunya akan menyulitkan sipemilik rumah nantinya ketika berencana untuk merenovasi ataupun menjual rumah.

Cara Mengurus IMB

Bagaimana cara mengurus IMB? Dalam hal untuk mengurus permohonan IMB anda harus menyertakan beberapa kelengkapan untuk sejumlah dokumen. Beberapa dokumen diantaranya yaitu foto kopi gambar rencana dan denahnya, foto kopi KTP pemilik lahan dan bangunan, foto kopi sertifikat tanah, dan surat perjanjian penggunaan lahan, jika tanah itu bukanlah merupakan milik si pemilik lahan.

Jika anda berencana ingin mengurus IMB tanpa bantuan atau jasa pihak lain, berikut beberapa langkah yang harus anda ikuti yaitu:

  • Mengambil formulir di Dinas Perkerjaan Umum setempat
  • Mengisi formulir dan ditandatangani di atas materai Rp. 6000 oleh pemohon
  • Selanjutnya melegalisir formulir kelurahan dan kecamatan dimana bangunan akan didirikan

Pastikan untuk melengkapi seluruh dokumen yang diperlukan agar proses pembuatan IMB menjadi lebih lancar dan tepat waktu. Upayakan untuk mengurus IMB tanpa bantuan pihak lain seperti calo. Hal ini bertujuan untuk membuat anda menjadi lebih mengerti dan paham mengenai prosedur pengurusan IMB, dan tentunya juga tidak terkena biaya yang cukup tinggi bila memakai calo.

Demikianlah informasi mengenai cara mengurus IMB, semoga anda bisa melakukan pengurusan IMB untuk hunaian anda sendiri. Baca juga informasi lainnya yaitu Inspirasi Desain Pagar Besi Minimalis.

Cara Mengurus IMB | admin | 4.5