Dekorasi Rumah Bernuansa Lebaran

Tinggal beberapa hari lagi umat muslim di berbagai belahan dunia menyambut datangnya Hari Raya Idul Fitri. Persiapan pun dimulai dari membeli pakaian baru, menyiapkan kue kering, bersih-bersih rumah, hingga mendekorasi ruang tamu dan keluarga.

Berbicara soal dekorasi rumah, kegiatan yang umum dilakukan adalah mengecat ulang dinding eksterior serta ruang tamu dengan warna baru.

Tujuannya agar rumah tidak terlihat kusam sehingga nampak suci dan bersih, ciri dari hari raya.

Kendati demikian, bukan berarti warna cat apa saja layak diaplikasikan untuk dekorasi rumah di hari lebaran. Menurut Esya Roza, Arsitek dan Desain Interior desaindekor, skema warna netral yang ringan dan lembut merupakan pilihan sempurna.

“Contoh warnanya meliputi krem dan putih. Polesan warna netral mampu menghadirkan nuansa latar atau background ruang yang merepresentasikan dekorasi perayaan Idul Fitri,” ungkapnya kepada Rumah.com, Senin (27/06).

“Karakternya yang mudah berpadu dengan warna-warna lain, membuatnya menjadi warna kanvas favorit saat dekorasi ruang dilakukan. Warna natural seolah mampu memberi kesempatan bagi warna-warna lainnya dalam palet dekorasi ruang untuk tampil menjadi aksen,” imbuh Esya.

Dekorasi pelengkap

Salah satu esensi dalam merayakan Idul Fitri adalah silaturahmi dengan sanak saudara dan kerabat. Ini adalah momen dimana setiap muslim saling memaafkan seraya mempererat tali persaudaraan.

Silaturahmi biasanya dilakukan dengan berkunjung ke rumah keluarga maupun tetangga. Maka dari itu, saat menjadi tuan rumah, sebaiknya persiapkan diri Anda sebelum menerima kunjungan.

Langkah awal yang dapat dilakukan yakni menata ruangan dan perabotan yang akan digunakan saat menerima dan menjamu tamu.

“Jika perabotan yang hendak dipakai adalah barang-barang koleksi yang jarang digunakan, seperti cangkir, teko, piring kecil dan stoples kue kering, pastikan perabotan tersebut bersih dan tidak berbau sehingga nyaman digunakan,” Esya menjelaskan.

Supaya tampilan ruang semakin sempurna, Esya memaparkan cara lain yang layak ditiru.

“Segarkan suasana ruang tamu atau keluarga Anda dengan kehadiran bunga potong segar. Keharuman dan aroma bunga sedap malam yang khas, seringkali didaulat menjadi pelengkap dekorasi rumah saat Idul Fitri,” ia mengatakan.

Ornamen lain yang umum digunakan pada rumah-rumah saat lebaran adalah anyaman berbentuk ketupat.

Kreasi yang biasanya terbuat dari pita jepang ini seringkali digantung pada pintu utama rumah, maupun di plafon ruang tengah.

“Pernik favorit centrepiece lain adalah ketupat tiruan yang dibuat dari aneka pita atau kertas warna-warni. Anda bisa menyematkannya pada keranjang buah, box, atau wadah kue kering. Pilih warna dan ukuran yang sesuai supaya meja sajian Anda tidak terkesan penuh dan ramai,” Esya mengakhiri.

[rumah.com]

Dekorasi Rumah Bernuansa Lebaran | admin | 4.5